Apa itu Blogwalking?

gagaje.blogspot.com
Huuhhhhhh..lagi lagi istilah,kenapa sih, coba memakai bahas ibu aja biar mudah di mengerti..tapi ya gak apa-apa lah sedikit menghemat kata-kata, saya langsung aja sering ne sedikit tentang apa sih itu blogwalking.

Mungkin sahabat sekalian sudah sering mendengar istilah blogwalking, namun masih belum memahaminya.

Apakah itu blogwalking?

Blogwalking adalah suatu aktivitas dimana kita mengunjungi blog-blog lainnya dalam rangka silaturahmi (itu bahasa saya). Nah untuk menarik pengunjung biasanya para blogger (termasuk saya) melakukan aktivitas blogwalking. Jadi singkatnya blogwalking adalah jalan-jalan (lagi-lagi bahasa saya), hehehe...

Hal yang biasanya dilakukan blogger dalam blogwalking diantaranya yaitu
memilih blog dengan artikel sesuai minat dan keinginan blogger, dan pada akhir artikel blogger akan memberikan komentar positif pada artikel yang telah dibaca sebelumnya. Dengan menyertakan link url blognya masing-masing. Dengan demikian, blogger yang mengunjungi berharap si pemilik blog yang dikunjungi akan berkunjung balik melalui link yang di tinggalkan tersebut.

Selain untuk mempererat tali persahabatan antar blogger, blogwalking juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Semakin banyak orang yang membaca artikel yang baru saja dibaca, maka peluang si pembaca yang lain akan mengunjungi blog kita semakin besar. Bagi kebanyakan orang, blogwalking dimanfaatkan sebagai alat untuk memburu backlink. Bahkan saat kita mau membuat postingan, biasanya akan menemukan ide-ide baru setelah melakukan blogwalking

Apa manfaat blogwalking?

Pertanyaan ini tentu saja sudah ketinggalan zaman. Tetapi mau tidak mau seorang blogger akan merasa perlu melakukan kegiatan yang satu ini. Blogwalking bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan berkembang sehingga perlu dipantau secara terus menerus melalui kegiatan blogwalking ke blog/web rekan lain.

Selain itu, ide untuk membuat artikel postingan kadang-kadang muncul setelah melakukan kegiatan blogwalking. Semula, kita mungkin saja kehabisan ide untuk meng update postingan. Akan tetapi ide itu kembali mengalir setelah membaca postingan sahabat blogger. Dalam hal ini tentu saja tidak dianjurkan untuk mengkopi-paste (seperti saya) content artikel sobat blogger tersebut.

Manfaat blogwalking yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan alexa rank blog/web. Tentu saja, blogwalking disini tidak hanya sekadar melihat-lihat konten blog/web blog sahabat. Supaya lebih bermanfaat langsung, perlu meninggalkan jejak melalui komentar atau buku tamu yang telah tersedia.

Dengan berkomentar dan memperlihatkan link sesuai aturannya, tentu akan mendapatkan link balik tambahan (khusus blog dofollow). Sobat blogger sudah memaklumi, komentar spam tidak diingini oleh blogger manapun. Hal ini perlu mendapat perhatian bagi sobat yang melakukan blogwalking ke blog/web sahabat.

Itulah penjelasan singkat saya mengenai blogwalking, mudah-mudahan teman-teman bisa mengerti ya!
Share this article :

 
Reactions:  

4 comments :

  1. Blogwalking memang sangat bermanfaat untuk membangun jaringan selain itu bisa menjadi sarana silaturahmi salam kenal gan :) dari blogger newbie

    ReplyDelete
  2. Asslamu`alaikum.Wr.Wb
    Benar sekali kang, saya sendiri telah merasakan manfaat blogwalking, disamping sebagai sarana bersilaturahmi blogwalking memberikan nilai tambah akan ilmu pengetahuan, bukan saja sesuatu yang ingin dicari, namun juga sesuatu yang baru yang belum diketahu.
    salam santun dan salam silaturohom
    Asslamu`alaikum.Wr.Wb

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Silahkan membuka Lapak tetapi tidak dengan menyertakakn Link Hidup, jika di temukan link HIDUP maka otomatis akan terhapus.
3. Komentar yang berbau sara / pornografi akan saya hapus.
4. Mari budayakan Komentar dengan menggunakan Bahasa Ibu.

 
Support : GooglePing | Ping-o-Matic | Alexa
Copyright © 2013. Gagaje.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger